Selasa, 20 Maret 2012

ARTI GRUP C


nama Dhuaja Grup C Paspampres adalah “TANGGUH SETIA WASPADA”, dengan bahan dan ukuran sama persis dengan Dhuaja Grup B namun mempunyai logo dan arti yang sedikit berbeda. Arti Lukisan yang terdapat pada Dhuaja Grup C Paspampres.

Perisai berwarna Merah dan Putih.    Perisai berwarna merah dan putih mencerminkan tugas pokok Paspampres sebagai pengamanan kepala negara / pemerintahan yaitu sebagai benteng terakhir yang senantiasa berpegang teguh pada keberanian yang dilandasi ketulusan dan kesucian jiwa dalam melaksanakan tugas. Grup C Paspampres dalam melaksanakan pengamanan Tamu Negara setingkat kepala negara / pemerintahan beserta keluarganya serta melaksanakan kegiatan pelatihan terhadap prajurit dilingkungan Paspampres, sedangkan lima sisi pada perisai mencerminkan butir-butir Sumpah Prajurit.

Panah Cakra dan Gadha.
Panah Cakra merupakan senjata para pengawal Raja di jaman dahulu yang dapat digunakan dalam pertempuran jarak dekat maupun jarak jauh secara terbatas, dan memiliki keampuhan melebihi anak panah biasa.Gadha merupakan senjata para pengawal  Raja di jaman dahulu yang berfungsi sebagai senjata pertempuran jarak dekat, yang dapat digunakan sebagai penangkis dan pemukul.

Tulisan “TANGGUH SETIA WASPADA”.  Tulisan “TANGGUH SETIA WASPADA” mempunyai  makna bahwa disamping sebagai Prajurit yang setia terhadap tugas, setia kepada Pancasila dan Sapta Marga, setia kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dengan senantiasa menjaga kewaspadaan, prajurit Grup C Paspampres juga senantiasa tangguh dalam menghadapi berbagai situasi penugasan.

Pita Warna Kuning Emas.   Pita warna kuning emas memiliki makna sebagai ikatan jiwa korsa yang selalu senantiasa dijaga.

Arti Warna. Arti warna dalam Dhuaja Grup C Paspampres antara lain adalah :
a.    Warna Merah. Warna merah melambang keberanian akan kebenaran tugas yang dilaksanakan, dilandasi dengan jiwa pengabdian yang suci dan tulus iklas.
b.    Warna Putih.    Warna putih melambangkan kesucian dan ketulusan jiwa prajurit dalam melaksanakan tugasnya.
c.    Warna Kuning. Warna Kuning melambangkan keagungan dengan prinsip bijaksana dalam melaksanakan tugasnya.
d.    Warna Kuning Emas. Warna Kuning Emas melambangkan kejayaan dan kelestarian Warga Negara yang senantiasa harus dipertahankan.
e.    Warna Hitam.    Warna Hitam melambangkan kewibawaan dan keabadian yang tidak akan luntur dan tergoyahkan oleh apapun juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar